[Review Webtoon] Terlalu Tampan: Pede Dengan Komedi Absurdnya

Film Terlalu Tampan sudah dirilis pada akhir Januari 2019. Sebenarnya seblum menonton film itu, saya sudah membaca webtoonya terlebih dahulu, dan memang saya membacanya karena dipicu berita rilis filmya. Dan akhirnya, saya tahu kenapa webtoon ini melegenda.

line-webtoon_20170718_155523.jpg

Dengan premis gila, bahwa menjadi tampan adalah tidak menyenangkan, webtoon ini punya world building yang sangat baik. Dengan gaya yang absurd, senjatanya adalah dosis tinggi yang disajikan berulang-ulang secara intens terus menerus. Segala keabsurdan yang terus diulang secara intens membuat saya secara perlahan-lahan menerima dunia yang gila ini.

Berformat cerita lepas, tak begitu berkaitan ditiap episodenya, saya terkejut kalau akan menyukainya. Saya memang tidak begitu suka komikstrip. Tentu saya suka kalau konteksnya konten instagram atau sosmed umumnya. Tapi untuk webtoon, saya lebih suka cerita yang punya kontinuiti untuk mengembangkan karakter. Dalam Terlalu Tampan, meski ceritanya lepas, ala cerita sehari-hari, tapi ada kopntinuitas karakternya, meski tidak mengembangkan karakter juga tujuannya. Ada banyak hal yang menarik untuk digali seperti karakter Mas Kulin yang polos, Mas Okis yang playboy namun lebih terkesan tak laku, dan yang paling menarik adalah kisahnya Pak Archewe dan Bu Suk, belum lagi ceritanya kakek neneknya.

Sudah saya bilang kalau kunci bekerjanya webtoon ini adalah dosis pengulangan yang intens, atau lebih tepatnya intensitasnya yang membuat segala keabsurdan itu bisa diterima. Hal ini juga termasuk ke komedinya yang menjadi jualan utamanya. Cerita dan komedi yang absurd, nyeleneh, receh, tak malu-malu tersaji. Saya tidak akan menganggapna ampuh dan jenius karena 100% bekerja. Buat saya, ada banyak hal receh yang tak mengena disaya, tapi karena intenistasnya, beberapa hal yang tidak lucu itu langsung bisa ditutup lubangnya oleh punchline yang lain yang langsung datang seketika tanpa peringatan. Yang jenius memang penempatannya. Kadang joke-joke yang dating sungguh tak terduga, sangat diluar akal sehat, out of the box. Kok bisa ada dunia segila ini.

Terlalu Tampan bertahan hingga 100 episode dan sudah kelar. Cerita lepasnya mengasikan untuk dibaca santai. Meski tidak menghadirkan kontinuitas pengembangan karakter, joke-joke gilanya bikin nagih, itulah yang membuat webtoon ini sepesial. Webtoon ini tidak malu-malu untuk mengeluarkan segala joke mau itu alay, receh, absurd, bahkan jenius, Terlalu Tampat terlalu pede, wich is good.

 

Advertisements

About osyad35

Hai...

Posted on February 20, 2019, in Baca'an, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: